Wisata Berkeliling Indonesia Hanya Di Satu Tempat Saja?




Kapan terakhir kali kamu melakukan traveling? Seberapa jauh jarak yang telah kamu tempuh? Atau, apakah kamu nggak pernah traveling akhir-akhir ini? Jangan bilang kamu malas melakukan perjalanan karena itu hanya akan menguras tenaga, waktu, dan uangmu.
Bagaimana pendapatmu tentang traveling? Menguras tenaga, waktu, dan uang? Hemm. Itu semua memang benar tetapi dengan kalian berjalan-jalan saat liburan atau waktu luang sangat bermanfaat untuk menambah pegalaman kalian loh!!
Kamu nggak perlu menjadi kaya raya untuk melakukan sebuah perjalanan! Semua orang bisa melakukannya.” – Eugene Fodor
Kalau kalian malas untuk keliling Indonesia dan tidak ingin mengeluarkan dana yang banyak, Yuk.!! datang ke Taman Mini Indonesia Indah aja. Disana kalian bakal merasakan berkeliling Indonesia deh.. kalo kalian berminat aku akan menjelaskan tentang seperti apa itu Taman Mini Indonesia Indah, dan apa aja yang kalian bisa kalian dapatkan disana…

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6°18′6.8″LS,106°53′47.2″BT. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, seperti: kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Sejarah
Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetuspada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Logo dan Maskot
TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Harga Tiket
Saya membeli tiket masuk di TMII  hanya dengan membayar biaya masuknya sebesar    Rp 10.000 perorang dan untuk kendaraan akan dikenakan biaya tambahan, namun masih cukup terjangkau.  Sementara untuk wahan-wahan yang ada di dalamnya ada yang dikenakan tarif ada yang tidak tergantung wahanya.  Untuk yang bertarif, tarifnya hanya sekitar Rp.2.500 - 120.000an, nah masih terjangkau kan. Bahkan, jika tmii berulang tahun akan digratiskan biaya masuk serta ada diskon khusus untuk seluruh wahananya.  Bagi saya sih bila dibandingkan dengan apa yang kita dapat trust me, It’s totally worth it!

Anjungan Daerah
Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. (5)Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat daerahnya. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang biasanya digelar pada hari Minggu. beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas provinsi tersebut, serta dilengkapi toko cenderamata yang menjual berbagai kerajinan tangan, kaus, dan berbagai cenderamata. Sejak tahun 1975 hingga tahun 2000 rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia, termasuk Timor Timur. Akan tetapi setelah Timor Leste merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002, status anjungan Timor Timur berubah menjadi Museum Timor Timur. Selain itu karena kini Indonesia terdiri atas 33 provinsi, anjungan-anjungan provinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah dibangun di sudut Timur Laut TMII, walaupun ukuran dan luas anjungan provinsi baru ini jauh lebih kecil dari anjungan provinsi yang telah dibangun sebelumnya.

Bangunan keagamaan

Bangunan keagamaan diwakili oleh beberapa rumah ibadah agama resmi yang diakui di Indonesia, hal ini untuk menggambarkan toleransi dan keselarasan hubungan antar agama di Indonesia. Bangunan-bangunan keagamaan antara lain:
·         Masjid Pangeran Diponegoro
Masjid Pangeran Diponegoro adalah rumah ibadah umat islam yang dapat digunakan oleh pengunjung maupun masyarakat sekitar untuk menjalankan ibadah salat dan kegiatan lain seperti perayaan hari besar, ceramah, kajian agama, dan belajar al-qur'an. Masjid ini berdiri di atas lahan 2.850 m2 dengan luas bangunan 760 m2 dan terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk para jamaah, tempat wudhu, kamar mandi, ruang tunggu, perpustakaan, gudang dan dapur ; sedangkan lantai dua tempat imam, khatib, mihrap, serta menara berbentuk kubah berketinggian 26 meter untuk mengumandangkan adzan.
Arsitekturnya di ambil dari bentuk kebanyakan masjid di Indonesia, seperti masjid AL Azhar Jakarta dan masjid Syuhada, Yogyakarta.Pembangunannya di laksanakan tahun 1973 dan diresmikan tahun 1975 oleh Presiden Soeharto. Pangeran Diponogoro dipilih sebagai nama masjid karena pertimbangan untuk mengabdikan nama seorang tokoh (5)pahlawan nasional yang memimpin agama islam melawan penjajahan belanda di Yogyakarta.
Bangunan yang terletak di depan sebelah kanan gedung sasana kriya dan berbatasan dengan gereja Santa Chatarina – yang berarti menempati urutan pertama deretan rumah ibadah dari gerbang utama – ini di maksudkan sebagai simbol kerukunan umat beragama di Indonesia.masjid ini tidak hanya di gunakan sebagai tempat ibadah bagi umat islam di lingkungan TMII, tetapi juga bagi pengunjung dan masyarakat sekitarnya, baik perorangan maupun berjamaan, termasuk salat jumat ( jumatan) dan salat taraweh pada bulan Ramadhan. Namun untuk hari-hari besar, seperti Idhul Fitri dan Idhul Adha, pelaksanaan salat dilakukan di Plaza Tugu Api Pancasila. Ceramah keagamaan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan atau sekadar mengingatkan kembali aturan kehidupan dalam beragamapun dilaksanakan di masjid ini.
Selain kegiatan rutin keagamaan, masjid Pangeran Diponogoro juga bisa digunakan untuk akad nikah dan dapat dilanjutkan dengan syukuran, baik secara sederhana maupun agak meriah, dengan menambahkan tenda atau – bila berniat melanjutkan resepsi – menggunakan Sasana Utomo ataupun Sasono Adi Guno yang berjarak sekitar 100 meter.
Bangunan masjid ini tidak memiliki hiasan dekoratif, atapnya berbentuk kubah ( doom ) menyerupai gaya Bizantium yang dipengaruhi struktur ruangan Pantheon ( Yunani Kuno), yang mengadung makna bahwa kehidupan manusia merupakan bagian kecil udari struktur alam semesta dan bernaung di bawahnya.

·         Gereja Katolik Santa Catharina
Gereja Santa Chatarina adalah rumah tempat ibadah umat Katholik Roma. Letaknya bersampingan dengan Masjid Pangeran Diponegoro dan Gereja Kristen Haleluya, Gereja Santa Catharina dibangun tahun 1973 dan diresmikan tahun 1975 dengan luas bangunan 1.030 m2 di atas lahan seluas 2.860 m2.
Bentuk bangunan gereja ini merupakan tiruan gereja katholik pertama di Indonesia, yaitu Gereja Santa Catharina di Surabaya. Nama Chatarina diambil dari nama tokoh suci perempuan yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk mempertahankan keyakinan dan meninggal sebagai martir karena ketaatannya terhadap Tuhan Yesus. Gaya arsitekturnya dipengaruhi gaya Roma kuno, tetapi atapnya memiliki ciri khas bangunan tradisional Jawa; tidak memiliki hiasan dekoratif, hanya jendela yang terbuat dari kaca diffuse bergambar salib. Garis garis yang berkaitan dengan struktur atap mengesankan pengaruh Roma tersebut.
Secara keseluruhan rumah ibadah ini terdiri dua bangunan, yakni bangunan utama dan aula. Bangunan utama untuk ruang jemaat dan ruang pengampunan dosa, di depannya terdapat menara lengkap dengan lonceng gereja dan puncaknya bersalib; sedang aula sekaligus menjadi ruang perpustakaan, kantor, ruang pastor, dan toilet. Jika sedang ada misa/ruang perpustakaan digunakan untuk Sekolah MInggu bagi anak-anak di bawah umur 10 tahun.
Kegiatan misa dilaksanakan setiap hari Minggu sebanyak dua kali dan pada hari-hari besar, seperti perayaan Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, Minggu Paskah dan Natal. Umat yang mengikuti misa terdiri atas karyawan TMII, masyarakat sekitar, dan pengunjung. Gereja juga terbuka untuk umum, terutama bagi mereka yang ingin melaksanakan pemberkatan pernikahan dapat dilanjutkan dengan resepsi di berbagai tempat di lingkungan TMII, baik di dalam gedung ( in door) maupun di luar gedung (out door).

·         Gereja Protestan Haleluya
Gereja Kristen Protestan Haleluya terletak di antara bangunan Gereja Katholik Santa Chatarina dan Pura Hindu Dharma serta berhadapan dengan anjungan DKI.Gereja ini dibangun tahun 1973 dan diresmikan tahun 1975.Bangunan utama meliputi ruang pastori, ruang ganti, ruang sound, dan ruang paling besar untuk jemaat. Disamping kanan depan, menyatu dengan bangunan gereja, terdapat menara setinggi 20m2 yang pada puncaknya berornamen ayam jago, melambangkan kisah dari nats kitab injil, bahwa sebelum Yesus di salibkan akan terjadi penyangkalan Petrus, salah seorang murid Yesus, sebelum ayam berkokok ( menjelang fajar ) sebanyak tiga kali. Dimenara ini terdapat lonceng.
Bangunan samping, yang pada awalnya dimaksudkan untuk rumah jaga, difungsikan sebagai ruang perpustakaan, aula, kantor, dapur, toilet, dan gerai cenderamata benda – benda rohani ( kolportase ). Selain untuk kegiatan bina iman anak-anak Sekolah Minggu dan anak – anak tingkat remaja, aula dan ruang perpustakaan juga digunakan sebagai ruang rapat.
Arsitektur Gereja ini merupakan campuran gaya Barat tahun 1930-an. Dinding bagian luar terbuat dari keramik berwarna putih. Di atas altar menghadap ke umat terdapat lukisan perjamuan kudus.Jendela terbuat dari kaca berlukiskan bunga tulip dan salib.Atap langit-langit terbuat dari kayu agar ruangan berkesan sejuk.
Sebagaimana halnya gereja di luar TMII, selain untuk kebaktian, Gereja Haleluya juga digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Kegiatan lain yang bersifat keagamaan pun dilaksanakan disini, antara lain perayaan Paskah, Natal, dan kegiatan retret. Hari Minggu digunakan untuk ibadat jemaat GPIB, sedang hari sabtu oleh Jemaat Advent.

·         Pura Penataran Agung Kertabhumi
Pura Hindu Dharma Penataran Agung Kertabhumi adalah tempat peribadatan umat Hindu yang terletak di Komplekks Taman Mini Indonesia Indah.Pura ini terletak di Anjungan Daerah Lampung, diapit oleh Gereja Kristen Protestan Haleluya dan Wihara [Budha]].Arsitektur pura ini mengambil model pura-pura Bali sedang bangunannya didasari oleh filsafat astha kosala kosali.
Bengunan utama terdiri atas pintu gerbang utama Candi Bentar, Balai Gong dan Kul-Kul, Padu Rasa, dan Atlar tempat pemujaan (pad masana). Masing-masing bangunan memiliki fungsi terdiri : gerbang utama sebagai pintu masuk pada saat upacara besar ( yadnya), balai kul-kul untuk tempat kentongan, dan balai gong untuk pertunjukan kesenian.

·         Wihara Arya Dwipa Arama
Wihara Arya Dwipa Arama adalah salah satu rumah ibadah yang terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Bentuk bangunan rumah ibadah Buddha ini mengambil pola stupa Candi Borobudur di Magelang. Stupa merupakan simbol bangunan tempat-tempat ibadah bagi umat Budha. Dengan lampang Cakra, Prapta, Patina Suta, Umat Budha akan selalu menyadari bahwa kehidupan manusia berputar seperti sebuah roda.
Ceiling ruang ibadah berbentuk setengah lingkaran berwarna kuning emas agar tercipta suasana seperti di dalam nirwana.Patung Budha ditempatkan di sebelah barat.Gedung ibadah dikelilingi kolam air. Selain penting bagi umat Budha, keberadaan kolam air dari segi arsitektur seakan-akan mengangkat bangunan dan secara fungsional memberikan suhu dingin.
(5)Wihara ini melayani umat yang akan melakukan ibadah baik secara rutin maupun pada hari-hari besar umat Budha. (5)Wihara Arya Dwipa Arama menyelenggrakan upacara puncak pada hari raya Waisak dan hari Tilem atau malam purnama. Wihara ini juga berfungsi sebagai tempat menghimpun informasi tentang agama Budha di Indonesia.

·         Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa merupakan tempat ibadah kaum penghayat aliran kepercayaan dan kebatinan. Pangeran samber nyawa adalah tokoh bangsawan (priyayi) dari Surakarta yang terkenal sangat sakti dan pandai mengatur siasat perang dan tidak mau bekerjasama dengan VOC .
Terletak di Taman Mini Indonesia IndahJakarta. Merupakan tempat bagi semua penganut kepercayaan dan agama untuk melakukan sarasehan, tukar pikiran, dan saling menghargai dalam hal menyangkut Ketuhanan Yang Maha Esa. Sasono artinya tempat, sedangkan adiroso artinya rasa sejati. Gedung ini juga tempat menyimpan buku-buku dan karya tulis yang berisi pelajaran budi pekerti kemanusiaan sebagai pengejawantahan Pancasila. Gedung Sasono Adiroso terdiri atas dua bangunan utama, yakni pendopo dan Gedung Pasucen. Pendopo untuk sarasehan, sedangkan Pasucen untuk menyucikan diri di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Pendopo besar yang beratap susun tiga mencerminkan tiga tingkatan Ilmu Ketuhanan, yaitu Ilmu Kanuragan, Ilmu Sangkan Paraning Dumadi, dan Ilmu Kasampurnaning Dumadi.

·         Kuil Konghucu Kong Miao
Kelenteng Kong Miao adalah rumah ibadah umat agaman khonghucu. Kelenteng terletak berdampingan dengan deretan rumah ibadah lainnya yang sudah ada di TMII, yakni: Masjid Pangeran Diponogoro, Gereja Katholik Santa Chatarina, Gereja Kristen Protestan Haleluya, Pura Hindu Darma,Wihara Arya Dwipa Arama, dan Sasana Adirasa mencerminkan keragaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia.
Pembangunan Kelenteng Kong Miao diawali dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI, Dr. Maftuh Basyuni pada 2 februari 2009, dan diresmikan oleh Ketua Yayasan Harapan Kita, Hj.Siti Hardiyanti Rukmana pada 23 Desember 2010. Saat peresmian kelenteng ini dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono usai membuka musyawarah nasional Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) ke XXI menyempatkan menanam pohon cemara di halaman klenteng.
Kompleks kelenteng kong miao terdiri tiga bangunan inti, yakni Tian Tan (Altar Suci), Da Cheng Dian (Kelenteng Nabi Agung) dan Qi Fu Dian (Kelenteng keberkahan). Bangunan pertama adalan Tian Tan berbentuk bundar melambang kesempurnaan (TUhan) dan beratap atiga susun melambangkan Tian (Tuhan), atap paling atas;Ren (Manusia), atap tengah; dan Di (bumi atau alam semesta), atap paling bawah. di atas atap terdapat guci tempat meletakkan dupa (hiolo) berfungsi untuk bersembahyang kepada Tuhan.
Bangunan kedua, Dan Cheng Dian atau Kelenteng Nabi berbentuk bangunan empat persegi panjang bercirikan arsitektur khas tiongkok memiliki dua lantai. Lantai bawah digunakan untuk kantor dan perpustakaan, sedangkan lantai atas berisi altar Tuhan, altar Nabi dan tempat untuk kebaktian.bangunan ketiga, Qi Fu Dian adalah kelenteng keberkahan, dimana di dalamnya terdapat altar untuk menghormati Para Suci (Spirit, Malaikat,Leluhur). Bangunan ini berbentuk bujung sangkar dengan luas 81 m2 ditopang delapan tiang.Pada atap bangunan terdapat simbol sepasang naga dan lambing agama konghucu.Di dalam kelenteng ini terdapat lilin-lilin yang berjajar serta buah - buah diletakkan dalam piring-piring yang berjajar serta altar untuk bersembahyang.
Kelenteng Kong Miao dilengkapi ornamen pendukung antara lain: Xiang Lu (Hio Lo) atau tempat pembakaran hio, Pintu Gerbang sepasang Singa, Naga, Kilin, Patung 12 Shio, dan Kura-kura Kepala Naga terdapat di halaman.

Sarana rekreasi
       ·   Istana Anak-anak Indonesia
Istana anak-anak Indonesia (IAAI) Adalah bangunan berbentuk istana mirip dalam sebuah dongeng Cinderella.Istana ini dapat menjadi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak.Bangunan utama istana dinamai Graha Widya Tama, terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua.Bangunan ini memiliki dua sayap dan menara menjulang tinggi ke angkasa, lambing kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam menggapai prestasi setinggi langit. Prasasti peresmian gedung ini di tanda tangani oleh Presiden Soeharto tanggal 20 April 1986. Di dalam ruang ini disajikan pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak.
Pembangunan IAAI dilandasi pemikiran bahwa pendidikan anak untuk menyongsong hari depan sangat penting sama pentingnya bahwa anak-anak juga perlu bermain. Oleh karena itu istana ini dilengkapi sarana belajar, antara lain : Alat peraga ilmu pengetahuan dan Teknologi, Alat musik diantonik dan pentatonik, medan permainan sehat dan mendidik, dan alat peraga lain yang menumbuhkan keinginan untuk tahu lebih banyak. Disini tersedia program yang diselenggarakan secara tetap maupun berkala untuk memperluas wawasan dan keterampilan anak-anak, meliputi permainan, kesenian, ilmu dan kegiatan lain. Bagi anak-anak yang berminat untuk mendalami seni tari, musik, gamelan dan pedalangan dapat mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) seni.Untuk kegiatan tersedia panggung kancil berbentuk bulat dilengkapi panggung terbuka yang dapat menampung 1000 orang penonton.
Untuk permainan dan rekreasi disediakan telpon cerita, gua sigura-gura, kincir, giring ombak, roda tamasya, dan kereta api kelinci, sedang dihalaman belakang terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. Dipamerkan pula kerajinan hasil kreatifitas anak-anak Indonesia, seperti lukisan dan foto-foto kegiatan anak-anak.
Dihalaman depan disediakan sarana bermain sehat, misalnya rumah bola, kolam renang, telpon cerita dan kereta api kelinci, sedang dihalaman belakang terdapat air terjun buatan, kolam renang sendang sejodo, serta hutan buatan. Di dalam istana anak-anak dapat bebas bermain secara sendiri-sendiri atau dalam rombongan yang dipimpin oleh pengasuh dari sekolah atau kelompok bermain.

·         Kereta gantung
Kereta gantung(skylift) adalah perintis kendaraan untuk objek wisata di indonesia. Kereta gantung ini memiliki tiga stasiun A, B, dan C dengan lintasan stasiun A-stasiun B dan stasiun C atau sebaliknya. Stasiun A berada di sebelah timur lapangan parkir selatan di kawasan desa seni dan kerajinan, stasiun B terletak di seberang anjungan papua dan dekat dengan taman burung, sedang stasiun C berada di sebelah utara lapangan parkir utara atau dekat snowbay waterpark.
Sebagai usaha melengkapi sarana angkutan yang telah ada untuk mengelilingi TMII. Di rasa perlu menciptakan bentuk angkutan lain yang dapat digunakan menikmati taman wisata ini secara keseluruhan. Berdasarkan pertimbangan itulah kereta gantung hadir sebagai suatu sistem angkutan wisata angkasa.Kereta gantung ini diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi para pengunjung dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat luas.
 Oleh karena itulah maka tanggal 9 April 1973 didirikan PT Skylift Indonesia yang bertujuan mengelola Kereta Gantung yang akan dioperasikan di TMII. Perusahaan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk peran serta PT Astra International Tbk. untuk ikut menyediakan sarana rekreasi bagi para pengunjung. Setelah melaluipersiapan yang matang, maka peluncuran perdana Kereta Gantung berhasil dilaksanakan bertepatan dengan saat peresmian TMII.
·         Perahu Angsa Arsipel Indonesia


Danau miniatur arsipel indonesia adalah sebuah danau luas yang di tengahnya terdapat pulau-pulau yang dibuat sesuai dengan kepulauan indonesia yang sebenarnya. Bagi pengunjung terutama anak-anak yang ingin berkeliling disediakan perahu angsa dengan berbagai warna. dengan perahu ini pengunjung dapat menikmati suasana lautan sambil membayangkan betapa luasnya kepulauan indonesia.

·         Taman Among Putro
Among Putro Sky World Indonesia TMII (Sky World Indonesia) adalah wahana/taman rekreasi-edukasi bertemakan antariksa dan aeronautika (Space & Aeronautics), yang saat ini masih dalam proses kontruksi-pembangunan. Berlokasi di dalam kawasan Taman Mini “Indonesia Indah” Jakarta Timur; lahan edukasi Taman Among Putro (20.000 m2), Sky World Indonesia dibangun dan pengelolaannya dibawah PT.Rekreasindo Global Utama (sister company dari PT Kriya Indo Makmur) – sebuah perusahaan penyedia jasa layanan kontruksi-engineering umum dan pengembang-pengelola wahana/taman rekreasi.
Dengan konsep tersebut, visi-misi Sky World Indonesia adalah berpartisipasi dalam mengedukasi generasi bangsa Indonesia khususnya anak-anak (pelajar) dan generasi muda tentang wawasan-ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika, dan teknologi-teknologinya, yang dihadirkan secara atraktif disamping sarana rekreasi yang ada, dan tetap seirama dengan visi-misi Taman Mini “Indonesia Indah” yang berorientasikan Konservasi Budaya Nasional dengan mengakomodir Kearfan Lokal Nusantara pada elemen-elemen yang memungkinkan secara maksimal dan proporsional pada wahana Sky World Indonesia ini.

·         Taman Ria Atmaja
Terletak di jalur luar berdampingan dengan Taman Anggrek, Taman Ria Atmaja (TRA) merupakan taman hiburan yang dilengkapi panggung permanen seluas 60 m2 dan setinggi 1,5 meter untuk pertunjukan music.
Wahana ini secara khusus menampilkan jenis musik dangdut, sehingga namanya lebih dikenal dengan sebutan “Istana Dangdut”. Setiap hari Minggu, hari libur, dan acara-acara khusus, seperti Pekan Hari Ulang Tahun TMII, Pekan Lebaran, Pekan Liburan Sekolah, dan Pekan Desember, Taman Ria Atmaja menggelar musik dangdut dengan menampilkan artis-artis top ibu kota. Elvi Sukaesih, Evi Tamala, Rita Sugiarto, Mansyur S, Meggy Z, dan Nita Talia merupakan deretan artis yang pernah menggoyang panggung ini. 
Arena dan Panggung Taman Ria Atmaja yang sengaja dibuat sebagai taman hiburan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak luar untuk peran serta atau kerjasama penyelenggaraan kegiatan pergelaran musik. Beberapa pertunjukan musik dangdut yang pernah diselenggarakan bekerjasama dengan pihak luar diantaranya bertajuk “Perang Goyang”, Goyang Dangdut India, Goyang Ketupat Lebaran, dan Goyang Campursari-Dangdut.
Taman Ria Atmaja dibangun pada tahun 1997 di atas lahan seluas 5.000 m2 dengan daya tampung sekitar 5.000 orang. Area ini dapat disewa oleh masyarakat umum ataupun kantor untuk keperluan berbagai kegiatan, misalnya ulang tahun perusahaan, family gathering, sampling product, ataupun kegiatan hiburan lainnya.

·         Kolam renang Snow Bay
Snowbay Waterpark adalah wahana yang dirancang secara khusus sebagai taman rekreasi petualangan berkelas dunia,terletak di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, berkonsep pegunungan salju memberikan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menjadi wahana wisata favorit bagi keluarga. Taman seluas 3 hektar ini dibangun tahun 2008 dan diresmikan pembukaannya oleh ketua Yayasan harapan Kita, Hj. Siti Hardiyanti Rukmana pada tanggal 19 April 2009. Sebelumnya, taman ini adalah Taman rekreasi Ambar Tirta.
Snowbay Waterpark dirancang secara khusus sebagai taman rekreasi petualangan air berkelas dunia, berkonsep pegunungan salju buatan, yang menyelimuti area Snowbay. Banyak pilihan permainan air yang bisa dinikmati anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Di sini dikembangkan berbagai fasilitas wisata air yang menyajikan bermacam tantangan air yang seru, menegangkan, menjadi wahana wisata air favorit bagi keluarga.
Taman air ini sangat menarik karena dirancang dengan pemandangan berciri petualangan. Meski sudah ada di Australia dan Korea, Snowbay waterpark sungguh membuat anda penasaran dan terkesima. Selain, suasana salju menghadirkan kesan eksotis, keistimewaan tempat ini juga menghadirkan dua atraksi yang merupakan pertama kali di Asia Tenggara, yakni Hurricane dan Flush Bow.
Fasilitas atraksi permainan lainnya, yakni kolam ombak, yang menawarkan kedasyatan berupa tujuh jenis ombak, yang memiliki ketinggian sampai 3 meter. Kolam arus, atau biasa disebut dengan Thypoon River merupakan yang terpanjang di Indonesia. Permainan ini akan membawa pengunjung mengelilingi perjalanan sungai sepanjang 360 meter, dengan melewati extream river, vortex, cave, dan lazy river. Tak ketinggalan boombaster, sebuah ember berukuran raksasa, yang dapat menampung hingga 2 ton air, kemudian akan mengguyur pengunjung yang ada di bawahnya sekitar 15 menit sekali. Tak kalah menariknya ada Cool Running, yakni sebuah seluncuran kembar pertama di Indonesia dengan kecepatan 50 kilometer per jam.
Selain fasilitas permainan yang disediakan, Snowbay Waterpark juga mengutamakan kenyamanan pengunjungnya, dengan menyediakan fasilitas penunjang lainnya, seperti Cafe Polaris, Captains Jack Cuisine Food Court, VIP Cabana yang dilengkapi LCD TV, fasilitas Wi-Fi, personal butler, personal safe deposit box, gazebo, locker tempat menyimpan barang-barang bawaan, jika pengunjung tidak membwa perlengkapan, tersedia took souvenir, yang menjual segala kelengkapan, seperti pakaian renang dan sejenisnya.
Fasilitas bermain untuk anak-anak juga disediakan kolam permainan air yang menyenangkan antara lain tots pool, play pool, dan kids pool. Selain itu, masih tersedia fasilitas lain untuk menyegarkan tubuh seperti Spa and Jacuzzi, di sini terdapat 5 tempat spa untuk membuat anda lebih rileks dari sebelumnya. Berendamlah di dalam air yang hangat sambil merebahkan tubuh sebelum anda melakukan atraksi yang lebih menantang di wahana lainnya. Di kolam spa inilah tempat anda lebih santai sambil menikmati area sekelilingnya. Semuanya memberikan pengalaman yang tak terlupakan.
·         Museum Iptek TMII
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.
Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini "Indonesia Indah" menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.
Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius dan membosankan terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga ; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.
Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable

Taman

 
Di TMII terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia yaitu:



·         Taman Anggrek
·         Taman Apotek Hidup
·         Taman Kaktus
·         Taman Melati
·         Taman Bunga Keong Emas
·         Akuarium Ikan Air Tawar
·         Taman Bekisar
·         Taman Burung
·       Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
·         Taman Budaya Tionghoa Indonesia
·         Taman Legenda

Museum
Museum yang ada diperuntukkan untuk memamerkan sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi di Indonesia. Terdapat 16 museum di TMII yaitu:
·         Museum Indonesia
·         Museum Purna Bhakti Pertiwi
·         Museum Keprajuritan Indonesia
·         Museum Perangko Indonesia
·         Museum Pusaka
·         Museum Transportasi
·         Museum Listrik dan Energi Baru
·         Museum Telekomunikasi
·         Museum Penerangan
·         Museum Olahraga
·         Museum Asmat
·         Museum Komodo dan Taman Reptil
·         Museum Minyak dan Gas Bumi
·         Museum Timor Timur (bekas Anjungan Timor Timur)

Teater atau bioskop
·         Teater IMAX Keong Emas 
Teater IMAX Keong Emas yaitu teater dengan layar berukuran raksasa, jauh lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal. Di Teater IMAX Keong Mas diputar berbagai film mulai dari film bertemakan lingkungan dan kebudayaan nusantara sampai film-film box office yang resolusinya diubah menjadi khusus untuk teater IMAX. Film IMAX yang diputar antara lain Indonesia Indah II, Force of Nature, T-Rex, Blue Planet, Arabia, Journey to Mecca, dll. Beberapa film box office yang pernah diputar di sini di antaranya adalah:
·         Teater Tanah Airku
Teater Tanah Airku adalah Gedung pertunjukan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi mulitimedia dengan peralatan berstandar internasional. Terletak di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah Teater ini di resmikan pada tanggal 20 April 1998 oleh Presiden Soeharto bertepatan dengan ulang tahun ke 23 TMII.
Bentuk bangunanya memadukan unsur arsitektur tradisional dan modern, menyatu secara serasi dan artistik. Bagian atap diilhami oleh atap rumah adat [Sumatra]] dan Sulawesi, sedang ragam hiasnya memadukan unsur nusantara dengan budaya global. Pada bagian depan terdapat ragam hias gunungan dari Jawa di apit ragam hias khas Batak Toba serta ragam hias Naga dan Burung Enggang yang mewakili budaya Dayak. Sementara di dinding-dinding bagian samping gedung dipenuhi ragam khas budaya Indonesia Timur.
Gedung Teater ini terdiri atas tiga lantai, yakni lantai dasar, auditorium, dan lantai balkon, yang dibagi dalam empat zona pemanfaatan.Ke empat zona tersebut adalah zona penerimaan, zona penggunaan, zona pelayanan, dan zona penunjang. Zona penerimaan terdiri atas pendapa dan taman yang di tata menyatu sehingga memberi kenyamanan bagi pengunjung yang akan memasuki gedung. Zona penggunaan terdiri atas panggung penunjang pentas pasang bongkar, tempat pemain musik ( orchestra pit), auditorium untuk penonton berdaya tamping 1.300 tempat duduk, dan fly tower untuk peralatan pentas. Zona pelayanan memiliki ruang penerangan, cafeteria dan tempat penjualan tiket.Adapun zona penunjang terdiri atas jalan, genset dan toilet.
Perangkat teknologi multimedia melalui laser video projector mampu menyajikan gambar yang dapat diproyeksikan pada segala jenis benda sasar, termasuk benda cair, sehingga menjadikan suasana dan citra spektakuler.Penataan dan rancangan akustik memungkinkan suara dapat terdengar secara jelas hingga ke sudut-sudut auditorium.
Beberapa acara yang pernah tampil di Teater Tanah Airku antara lain pergelaran Opera Anoman dan Sampek Engtai produksi Teater Koma, Opera Ciung Wanara dan Sangkuriang produksi pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, King Liar yang merupakan kolaborasi seminar ASEAN, dan I La Galigo. Berbagai konser musik dari dalam dan laur negeri di selenggarakan di sini baik dalam rangka siaran langsung maupun siaran tunda bagi acara stasiun televisi maupun konser band musik lawas Arkarna dari Inggris.
·         Teater 4D
Menonton Bioskop dengan efek 4 dimensi tentu lebih asik dari pada nonton film bioskop biasa. Tidak saja gambar yang menarik tapi seakan-akan gambar muncul dan ingin menyentuh kita.Suasana tersebut bisa kita temukan jika berkunjung ke bioskop 4 dimensi di TMII.
Teater 4D ( D'Motion) ini awalnya meruipakan bioskop untuk pemutaran film tiga dimensi yang diresmikan pada 20 April 1986. Dengan kemajuan teknologi yang dicapai dalam cinematografo khusunya animasi, teater ini berkembang menjadi teater empat dimensi pada 15 April 2007 dan memutar film-film animasi berdimensi tiga. Teater ini terletak di Gedung Pusat Informasi Budaya dan Wisata ( PIBW), luas bangunan 1.098 m2 dan berdaya tamping 260 tempat duduk penonton.
Sebelumnya, film yang diputar di teater empat dimensi ini pernah meraih sukses di Amerika, Jepang,China, dan Korea. Dengan menggunakan kacamata khusus penonton yang menyaksikan film serasa dibawa kedalam petualangan nyata dan seolah-olah bisa bersentuhan.Selain gambar tampak utuh berdimensi tiga, dengan efek tambahan penonton juga bisa merasakan angin, hujan dan aroma wangi-wangian yang menyentuh.
Beberapa film animasi yang diputar disini antara lain : film Tree Robo mengisahkan penciptaan robot berenergi matahari membuat masa depan manusia menjadi lebih baik, petualangan luar angkasa ( Space 4Dssey) petualangan bawah laut ( Aqua Adventure) dan film 'SAGA', film 3D stereospic karya anak bangsa yang pertama di Indonesia.
Tempat Penginapan
Tempat penginapan pun juga tersedia bagi para wisatawan yang ingin bermalam di TMII dan berjalan-jalan kembali besok. Ada dua tempat penginapan yang tersedia disana, yaitu:

·     Desa Wisata Hostel 
Tempat ini sangat cocok untuk tempat beristrirahat, khususnya bagi wisatawan dari daerah yang inigin menikmati Wisata lebih lama. Demikian halnya dengan wisatawan dari Jakarta yang selama ini mencari kesejukan ke kawasan Puncak, Jawa Barat – Untuk apa jauh-jauh karena ternyata di dalam area Taman Mini “Indonesia Indah” dapat ditemukan suasana sejuk bernuansa hijau layaknya pedesaan di Desa Wisata. 
Desa Wisata adalah hotel untuk fasilitas penginapan bagi wisatawan perorangan maupun rombongan dengan menawarkan suasana khas pedesaan yang tenang dan nyaman. Letaknya berada di dakam kawasan TMII, tempat ini sangat cocok untuk tempat beristirahat, khususnya bagi wisatawan dari daerah yang ingin menikmati wisata lebih lama. Desa Wisata menempati lahan seluas 3 hektar dengan sarana yang lengkap, antara lain ruang serbaguna berkapasitas 600 orang, jogging track, lapangan bola voli, panggung terbuka, dan restoran aneka makanan nusantara. Selain itu, tersedia lapangan rumput yang hijau dan datar untuk kegiatan outing, seperti aping unggu, camping ground, dan gathering. Panggung terbuka Ramayana dengan daya tamping 400 orang. Kolam ikan ditengah-tengah pondokan sebagai sarana pemancingan lengkap dengan layanan pengolahannya : digorang, dibakar, atau di pepes.
Dengan pengaturan tata ruang luarnya yang asri dan teduh bernuansa pedesaan, hotel ini merupakan penginapan yang ideal sekaligus nyaman untuk berbagai kegiatan, seperti seminar, training, family gathering, olah raga, dan resepsi pernikahan. Fasilitas ini juga sering dimanfaatkan untuk tempat berbagai kegiatan rapat dan pertemuan kantor di Jakarta.
Desa Wisata memiliki 32 pondok berupa kamar barak non AC, standar AC, VIP, dan cottage yang dapat menampung 416 tamu dengan keunggulan harga yang relative terjangkau. Bagi pengunjung yang ingin bersantai dan berekreasi beberapa hari di TMII, Desa Wisata Hotel merupakan tempat yang sangat ideal.
Graha Wisata Hostel adalah sarana penginapan yangnyaman, bersih dan aman, dengan biaya yang relative terjangkau. Graha ini sangat cocok bagi pelajar/mahasiswa dan lapisan masyarakat dengan anggara terbatas. Walaupun biaya inap murah, namun Graha Wisata memberikan fasilitas dan layanan sebaik-baiknya kepada tamu pengunjung. Graha Wisata berlantai 3, memiliki 49 kamar, terdiri atas kamar standard an kamar special (Full AC) berkapasitas 290 tempat tidur, menjadi pilihan yang tepat untuk pelajar/mahasiswa dan umum yang ingin menginap di Jakarta. Lokasi penginapan ini strategis, dekat dengan beberapa sarana dan prasarana wisata di TMII. Tempat makan, stasiun kereta gantung, water park dan beberapa museum sudah dicapai dengan berjalan kaki. Terminal mobil keliling pun sangat dekat dengan graha wisata dan selalu siap melayani tamu.
Fasilitas lain yang dimiliki Graha Wisata adalah dua ruang makan dengan kapasitas 100 orang dan 60 orang, ruang makan dengan kapasitas 200 orang, ruang ibadah, lobby, drugstore dan snack counter. Selain itu, tersedia sarana olahraga tenis meja dan bola sodok lapangan, serta sarana telepon.
Graha wisata dikelola oleh Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta dengan maksud menyediakan sarana penginapan alternative bagi pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum yang berkunjung ke Jakarta.
Tempat  Makan
Selain tempat wisata, TMII juga menyediakan tempat kuliner yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin makan. Seperti:


·         Graha Wisata Remaja 
·         Pondok Pecel Madiun 
·         Pasar Tiban
Transportasi
TMII ini memiliki luas sekitar 150 hektar, jadi kebayang dong pegelnya kalau kita mengeksplorasi taman mini dengan jalan kaki.  Bagi yang kuat jalan kaki, tentunya tidak masalah, lalu bagaimana dengan yang tidak kuat, sementara kendaraan pribadi harus di parkir?  Tak usah takut, moda transportasi di dalam TMII begitu banyak, jadi kita tak perlu takut bakal kelelehan. Moda transportasi yang ada itu seperti:
·         Mobil Keliling
·         Kereta SHS 23 AeroMovel Indonesia
·         Sepeda roda dua
·         Sepeda gandeng
·         Sepeda listrik
·         Motor Sewa
·         Bus
Tarifnya biasanya disesuaikan dengan moda transportasinya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 150.000an.





Situs - situs terkait:

·         Taman Mini Indonesia Indah. Klenteng Kong Miao. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/tempat-ibadah/klenteng-kong-miao

·         Taman Mini Indonesia Indah. Kereta Gantung. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/sarana-keliling/kereta-gantung

·         Taman Mini Indonesia Indah. Perahu Angsa. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/sarana-keliling/perahu-angsa-2

·         Taman Mini Indonesia Indah. Among Putro Sky World Indonesia. 10 Januari 2018. URL: http://skyworldindonesia.blogspot.co.id/p/profil-among-putro-skyworld-tmii.html

·         Wikimapia. Taman Ria Atmaja. 10 Januari 2018. URL: http://wikimapia.org/18636725/id/Taman-Ria-Atmaja

·         Taman Mni Indonesia Indah. Hotel Desa Wisata. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/hotel-resto/hotel-desa-wisata

·         Taman Mini Indonesia Indah. Pusat Peragaan IPTEK. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/wahana-rekreasi/pusat-peragaan-iptek

·         Taman Mini Indonesia Indah. Teater 4 Dimensi. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/wahana-rekreasi/teater-4-dimensi

·         Taman Mini Indonesia Indah. Graha Wisata Hostel, 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/hotel-resto/graha-wisata-remaja

·         Taman Mini Indonesia Indah. Kereta Aeromovel, 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/sarana-keliling/shs-23-aeromovel-indonesia

·         Taman Mini Indonesia Indah. Mobil Keliling. 10 Januari 2018. URL: http://www.tamanmini.com/sarana-keliling/mobil-keliling-2

·         Fitri,Khalida. Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah. 10 Januari 2018. URL: https://khalidafitri.wordpress.com/2014/04/30/wisata-komplit-di-tmii/

·         Wikipedia. Taman Mini Indonesia Indah. 10 Januari 2018. URL: https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Mini_Indonesia_Indah


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Tulisannya kepanjangan, kurang efektif. Lebih bagus lagi pertopiknya jd satu tulisan aja. Misalnya ttg kulinernya. Kl kyk gini panjang bgt pusing bacanya :(

    BalasHapus
  2. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (585) 7083-478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus